Today is Yours

Today is yours‘ salah satu kalimat pendek yang saya suka. Kata-kata ini biasanya selalu terpampang di baliho milik LFM (Liga Film Mahasiswa) ITB saat waktu wisuda. Kalimat yang mengiringi ratusan, mungkin kini sudah ribuan untuk setiap waktu wisudanya, para wisudawan dan wisudawati ITB. Euforia dan letupan-letupan perasaan puas, senang, sedih, haru seusai menuntut ilmu di kampus cap gajah ini seolah berusaha direfleksikan lewat kalimat ini. Ritual wisuda bukan hanya milik para wisudawan/wisudawati ITB dan keluarganya, tapi milik seluruh warga kampus ITB. Rasa-rasanya momen wisuda ini adalah momen pengumpul massa kampus terbesar, mengalahkan ramainya momen OSKM atau OS-himpunan. Masih segar di ingatan saya aneka atraksi arak-arakan, penyambutan, dan pemberian selamat untuk para wisudawan/wisudawati di setiap jurusan. Para mahasiswa yang menyaksikan kemeriahan arak-arakan wisuda ITB pasti akan dibuat iri dengan kegembiraan dan keceriaan para wisudawan/wisudawati hingga hanya bisa bergumam ‘kapan ya gw bisa jadi wisudawan kaya mereka??’

Hari ini adalah hari sidang tugas akhir bagi mahasiswa S1 di kampus saya (inilah yang tiba-tiba mengingatkan saya pada slogan ‘Today is Yours’). Dari lab saya ada 4 orang anggota lab mahasiswa S1 yang mengikuti sidang TA hari ini. Menurut saya sidang TA di kampus saya sekarang relatif lebih ringan. Sepuluh menit untuk presentasi dan 5 menit berikutnya Q & A. Bandingkan dengan sidang TA di ITB yang waktu presentasinya 15 menit dan waktu ‘pembantaian’ oleh penguji selama 45 menit berikutnya bahkan tidak jarang lebih lama. Atau yang lebih ‘mengerikan’ lagi adalah sidang TA di University of the Philippines, almamater teman satu lab saya. Berdasarkan penuturan teman saya ini, sidang TA untuk mahasiswa S1 di kampusnya diadakan langsung di lab masing-masing. Artinya para penguji sidang TA datang berkunjung ke setiap lab dan si mahasiswa harus mempresentasikan dan mendemokan (jika ada demo) TA-nya di hadapan para penguji. Untuk durasinya? Tidak ada batasan waktunya, sidang TA berakhir jika para penguji sudah puas ‘membantai’ si mahasiswa. Sisi positifnya, tentu tidak ada dalih bagi si mahasiswa untuk memanipulasi hasil risetnya karena semuanya benar-benar teruji secara aktual dan pengetahuan si mahasiswa benar-benar dapat teruji. Sisi negatifnya, saya yakin sistem sidang TA seperti ini cukup membuat panas-dingin dan tidak enak makan si mahasiswa. Hehehe..

Well, selamat untuk rekan-rekan lab saya yang telah lulus sidang TA hari ini. Minna-san, omedetou ^^

Nojima - Yamaguchi - Eto - Uwai

Today is yours, but I’m sure that tomorrow will be mine soon. Wish me luck guys ^^

2 Responses to “Today is Yours”

  1. “Today is yours, but I’m sure that tomorrow will be mine…”

    nice quote.. like this

  2. i’ve changed my domain into http://andhysukma.com
    kindly update your link in your blog🙂

    Thanks

Leave a Reply

