The (Buried) Emerald of Equator

Kemarin malam saya baru saja menjalankan amanah sebagai duta bangsa. Duta bangsa?? Hehe… sebenarnya ini hanya istilah dari saya sendiri. Jadi ceritanya sekitar tiga minggu lalu, pegawai TU KyuTech, Kobayashi-san, mengumumkan kepada seluruh mahasiswa asing yang ada di KyuTech Iizuka Campus bahwa tanggal 10 Desember 2008 ini akan ada pesta (saya lebih suka menyebutnya sebagai gathering party) seluruh mahasiswa asing dari tiga kampus KyuTech. Kobayashi-san juga mengumumkan bahwa mencari dua orang mahasiswa asing untuk memperkenalkan negaranya masing-masing saat gathering party nanti. Awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk menanggapi permintaan ini, tapi seminggu kemudian ketika Kobayashi-san menawarkan langsung kepada saya, entah kenapa saya mengiyakan tawaran itu.

Sebenarnya saya ingin membuat materi presentasi tentang Indonesia jauh-jauh hari sebelumnya, tapi apa daya hingga H-2Β  idenya belum ada. Ketika pertama kali menyatakan bersedia untuk memperkenalkan Indonesia, yang terpikir oleh saya adalah saya harus membuat presentasi yang impresif dan yang bisa memperkenalkan sisi positif Indonesia. Mungkin ada yang beranggapan,

Ngapain juga rumit-rumit mikirin presentasi, toh presentasinya cuman 10 menit doang. Bikin yang biasa-biasa aja! Lagian masih banyak deadline kerjaan yang lain.

Well, kalau menurut saya sendiri ini momen yang penting untuk menunjukkan sisi positif Indonesia. Ingin sekali rasanya saya dapat menunjukkan bahwa Indonesia itu damai, indah, dan beragam.Β  Alhamdulillah, akhirnya pada H-2 kemarin saya mendapatkan ide tentang bagaimana desain, flow, dan materi presentasinya. Karena waktu yang tersisa hanya 2 hari,Β  itupun waktunya masih dibagi dengan kesibukan harian, saya harus begadang selama 2 hari terakhir (Yeah, Sangkuriang Project is begin..!).

Selama mempersiapkan bahan presentasi kemarin, saya banyak merenung. Merenung dan bersyukur atas segala karunia yang dilimpahkan oleh Allah kepada tanah air saya, Indonesia. Sampai saat ini saya masih belum menemui sebuah negara yang memiliki wilayah yang luas (Indonesia merupakan negara dengan wilayah terluas ke-16 sedunia), yang memiliki kekayaan alam yang melimpah (kita semua tahu Indonesia memiliki minyak bumi, gas alam, dan aneka bahan tambang lainnya), yang begitu kaya dengan keanekaragaman hayatinya (di sebuah pulau Kalimantan saja terdapat 15,000 jenis tanaman, 3000 jenis pohon, 221 spesies mamalia, dan 420 jenis burung), yang memiliki keragaman sosial budaya yang begitu besar tetapi masih dapat hidup berdampingan secara damai (dengan jumlah penduduk berjumlah 240 juta jiwa, di Indonesia terdapat lebih dari 350 suku daerah dengan sekitar 300 jenis bahasa daerah yang berbeda). What a great country!

Merenung dan sedih karena negara dengan kekayaan alam yang melimpah seperti Indonesia masih belum bisa mensejahterakan rakyatnya sendiri, hal ini seperti tikus yang mati kelaparan di lumbung beras. Seringkali kekayaan alam Indonesia dieksplorasi habis-habisan, namun tanpa ada upaya rekonservasi yang setimpal, tengok saja berapa banyak kasus alam Indonesia yang rusak dan ditinggalkan begitu saja seusai eksplorasi penambangan, atau berapa banyak hutan Indonesia yang hilang setiap harinya akibat ilegal logging. Saat membuat materi presentasi kemarin, saya sempat menemukan sebuah foto hutan di Kalimantan yang diambil pada tahun 2005. Saya sudah hampir memasang foto tersebut di materi presentasi saya, hingga saya membaca keterangan yang tertera di bawah foto tersebut ‘anyway, all slotted away by logging’. Saya langsung mengurungkan niat saya. Sedih rasanya jika saya harus menampilkan foto alam Indonesia yang kini kondisinya telah berbeda 180 derajat. Indonesia memang kaya dengan berbagai hasil tambang atau kekayaan alam lainnya namun di satu sisi Indonesia juga kaya akan berbagai macam permasalahan kerusakan alam. Dan masih banyak renungan akan berbagai permasalahan lainnya yang ada di Indonesia.

intro_slideslide_2slide_3
Anyway, akhirnya setelah begadang selama 2 hari saya berhasil menyelesaikan materi presentasi saya yang berjudul “Indonesia, The Emerald of Equator”. Well, I’m satisfied with my work, it was cool enough. If you’re curious about it, I can send it to you by email. Dalam presentasi kemarin saya juga memutar film pendek berdurasi 3 menit tentang Indonesia (terima kasih buat Mas Imam yang memperkenankan saya menampilkan filmnya). Alhamdulillah, keseluruhan presentasi saya berlangsung lancar dan mendapatkan respon bagus baik dari staff universitas maupun teman-teman mahasiswa asing yang lain.

Bangkit INDONESIA !!

p.s.

File presentasi bisa di download di sini

Film pendeknya bisa di download di sini

17 Responses to “The (Buried) Emerald of Equator”

  1. Mas, aku mau ya….
    hi_iamgaluh@yahoo.com
    Pgn lebih mensyukuri terlahir sebagai orang Indonesia….
    Hehe…

    Jazakallah…

  2. as long as we stand here… it’s not buried yet…

  3. Akh, minta ya presentasinya. Kayaknya keren abiss…

  4. mw jg dunk!!
    wuaah.. seneng ya bisa k luar negeri, ngliat dunia. Q pngen bgt bisa mrasakan sensasi kbanggaan jadi org Indonesia deh & mnurutQ hal itu bisa Qta rasakan klo Qta udh buka mata, buka hati, liat dunia.
    Btw,
    kenalkan, saya adl ttangga sampeyan pas sampeyan di cisitu indah baru (sadar ga?). Saya menemukan blog ini dri fesbuk. Salam kenal *ga ad maksud stalking lho*

    • Ok..it was already sent
      Makasih sudah mampir2 ke sini. Oh, tetangga kos2an cisitu ya.. hehe..maaf2 ga hafal nama tetangga di kos2an sebelah.., ngertinya pak dahlan, mang usep, pak atom .. .hehe

  5. Keren..keren..
    Tapi kenapa materi presentasinya ga diupload aja sekalian?
    Apa karena ada fotomu yang paling keren yang lagi nangkring itu, so?πŸ˜€

  6. so, mau dunk…. ko previewne apik ngunu…
    kirim di emailku ya : jack_it04@yahoo.com

    maturnuwun

  7. Wis tak kirim jak. Enjoy it!

  8. aku ndi?
    rung dijatah..

    email biasa bos..πŸ˜€
    suwun

  9. baskorobo Says:

    CC ng aku kangπŸ˜€

  10. wah, musti lapor dulu ya bro? kenapa ga di share langsung aja? sayang file semenarik ini..
    btw, mesen atu ga pake es ^^

  11. ,,jadi bahagia dilahirkan di indonesia,,

  12. Nursakti Niko Rosandy Says:

    Kang Lakso,

    Njaluk po’o ^_^
    nursakti.niko@yahoo.com

    Suwun2 yoo.

  13. lakso amy pengen dong
    asetyaman@yahoo.com
    thx

  14. HERLAN SUTISNA Says:

    waw….pengen donk semuanya,,,,,mudah2 bisa amien

  15. Mas, Saya mau dong..tapi saya kok gatek ya gak bisa bukanya..
    (saya ibu-ibu dgn 3 anak yang sedang kuliah lagi..jadi ribet..) please gimana cara dapatnya?

  16. wii.. nampak keren… searching2 ttg kekayaan alam indonesia nyasar kesini..πŸ˜€
    mau dunx kk…
    thx..πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: