10th DSPS conference

Beberapa minggu yang lalu, akhirnya saya merepresentasikan paper dalam sebuah konferensi, yaitu 10th DSPS conference. Hal ini merupakan kesempatan pertama kali saya mempresentasikan paper dalam bahasa asing. Konferensi ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 11-12 September 2008 di Tokyo Institute of Technology Ookayama Campus. Konferensi ini dihadiri oleh kalangan akademik yang berkecimpung di bidang DSP. Sebenarnya paper yang saya presentasikan bukan paper tentang riset saya tapi paper tentang salah satu progress pekerjaan part-time saya sebagai engineer di perusahaan sensei.  

Konferensi ini terdiri atas 2 bagian, presentasi paper dan demo karya. Saya tergabung dalam bagian presentasi paper, sedangkan rekan satu lab saya, Matsuo Masateru, di bagian demo karya. Well, karena konferensi ini ditujukan untuk regional Jepang, saya sama sekali tidak dapat mengerti isi dari paper peserta yang lain. Saya hanya bisa menebak-nebak isi paper dari gambar yang dicantumkan dalam papernya atau sekali-kali bertanya kepada Matsuo untuk membantu menjelaskan.

Bagian demo karya menurut saya adalah bagian yang sangat menarik. Di sini para peserta dari berbagai universitas di Jepang, pada umumnya mahasiswa S1 dan S2, memamerkan hasil aplikasi DSP-nya. Sekali lagi saya tidak dapat mengerti dengan detil karya-karya mereka karena mereka menjelaskan kepada pengunjung dalam bahasa Jepang. Kalaupun saya meminta mereka menjelaskan dalam bahasa inggris, mereka tidak dapat menjelaskan dengan lancar. Well, meski saya tidak memahami karya-karya mereka dengan baik, tapi saya sangat senang sekali melihat antusiasme mereka ketika menjelaskan karyanya dan aplikasi DSP yang bermacam-macam. Mulai berupa aplikasi noise canceler sinyal audio, aneka filter digital, image processing,  prototype kontrol power plant, prototype kontrol kereta api, hingga model pengaruh magnetic levitation. Benar-benar bisa menginspirasi untuk berkarya. Ini beberapa foto karya yang dipamerkan :

Saya sempat berpikir, kenapa ya di ITB karya-karya aplikasi tentang DSP tidak semeriah di sini? Ah, banyak pikiran yang terlintas dalam saya kalau membandingkan kondisi di ITB dengan kondisi perguruan tinggi di Jepang, lain kali pasti akan saya tulis dalam blog saya. Ok, mari terus berkarya !

4 Responses to “10th DSPS conference”

  1. jadi lo sndiri kpn so?
    kalo gw mah… tunggu aja ya… tiba-tiba sensasional dan mencengangkan!

  2. wah,, mantaph kali cak lakso ini,, dah presentasi paper aja dia,,
    semangat bro!!

  3. weh,,, progress trus yah
    jd penasaran, nti pengen tau paper lakso hasil d KIT,,

    share yo,,
    Smangat!!!! 🙂

Leave a Reply

