Orang Jepang itu …

Manusia itu adalah mahluk yang unik dan selalu menarik untuk ditelisik. Maha Suci Allah yang menciptakan manusia dengan karakter yang beragam.

Bagaimana dengan orang Jepang? Sebenarnya sudah lama beberapa teman saya  meminta saya untuk menulis tentang sifat dan karakter orang Jepang. Well, inilah saatnya saya menulis tentang hal ini. Waktu 14 bulan tinggal di Jepang hingga saat ini, saya rasa sudah cukup bagi saya untuk bisa memberikan penilaian objektif tentang sifat dan karakter orang Jepang.

Orang Jepang itu …

  1. Ramah dan sopan
  2. Khas budaya negara timur, penduduknya biasanya sangat ramah dan bersahabat. Orang Jepang cenderung untuk selalu menyapa dan mengucapkan salam kepada orang yang ditemuinya, sekalipun itu orang asing yang belum mereka kenal.

    Sama halnya dengan budaya Jawa dan berbeda dengan budaya barat, budaya Jepang memperhatikan penghormatan dan sikap sopan kepada orang yang memiliki status sosial lebih tinggi atau lebih tua. Bahasa Jepang juga memiliki kosa kata khusus yang digunakan untuk menunjukkan penghormatan atau yang lebih sopan seperti “krama inggil” dalam bahasa Jawa.

  3. Ekspresif
  4. Mungkin inilah ciri yang paling mencolok dari orang Jepang. Kalau kalian pernah menonton dorama atau anime, atau membaca manga pasti sering menemui ciri ekspresif ini, bagaimana mereka menunjukkan rasa suka, sedih, terkejut dan lain-lainnya.

    Saya belum pernah bertemu dengan orang yang seekspresif orang Jepang. Dan yang kadang membuat saya tidak habis pikir adalah  bagaimana bisa sifat ekspresif ini menjadi ciri suatu komunitas? Apakah sifat ini sudah terdefinisikan di dalam DNA mereka? Sebelum bertemu dengan orang Jepang, saya berpikir bahwa sifat ekspresif yang meledak-ledak hanya dimiliki oleh orang-orang sanguinis saja.

    Ciri ekspresif ini juga yang menjadikan orang Jepang adalah teman mengobrol yang asyik. Dengan sifat ekspresif ini mereka bisa berkomunikasi dengan empati. Tidak peduli seberapa sederhananya topik pembicaraannya, hal itu bisa terasa sangat menarik karena respon ekspresif yang diberikan oleh orang Jepang. Mungkin ini juga alasan mengapa di setiap program TVnya entah itu acara berita atau hiburan, melibatkan begitu banyak presenter.

  5. Menghargai usaha / proses
  6. Ini adalah salah satu karakter positif yang dimiliki oleh orang Jepang. Mereka tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi lebih berorientasi pada proses. Mereka sangat menghargai usaha dan kesungguhan seseorang. Sekalipun hasil yang dicapai oleh seseorang tidak sesuai dengan yang diharapkan, tetapi jika orang tersebut sudah berusaha dengan sangat keras, maka mereka akan mengapresiasi dengan baik orang tersebut. Sikap menghargai usaha ini juga tampak dari ekspresi mereka yang selalu bersemangat menyongsong setiap pekerjaan dan tantangan, karena mereka yakin dengan semangat dan kerja keras akan memberikan hasil yang baik. Yosh..ganbatte ne!

  7. Tumbuh sebagai satu komunitas
  8. Orang Jepang cenderung maju dan berkembang sebagai satu komunitas daripada sebagai individu-individu yang terpisah. Kultur kebersamaan ini bisa terlihat jika kita sudah bergabung dengan komunitas tertentu, misalnya di laboratorium, unit kegiatan mahasiswa, atau perusahaan. Mereka membentuk program-program atau kegiatan yang dapat memacu kemajuan bersama. Contohnya training bersama, konsep senior yang mendampingi junior, kegiatan saling mengajar atau knowledge transfer untuk mendistribusikan kemampuan anggota yang lebih unggul kepada anggota lainnya.  Selain itu ketika mereka sudah bergabung dalam komunitas tertentu, maka mereka lebih dikenal identitas komunitasnya daripada identitas individunya. Kombinasi antara kebanggaan akan komunitasnya dan usaha-usaha untuk memajukan komunitasnya inilah yang menjadikan masyarakat Jepang tumbuh dalam komunitas-komunitas yang kuat dan progresif.

  9. Prosedural, well organized, tekun, dan teliti
  10. Menurut saya sifat-sifat ini turunan dari karakter yang menghargai usaha. Untuk meraih hasil yang memuaskan, di dalam bekerja orang Jepang sangat memperhatikan urutan langkah-langkahnya. Jika mereka diberikan petunjuk untuk menyelesaikan pekerjaan atau menggunakan suatu alat, maka mereka akan dengan teliti membaca petunjuknya dari awal hingga akhir tanpa ada yang terlewat lalu benar-benar mengerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Sangat prosedural. Jangan heran ketika melihat seorang masinis kereta yang sudah bekerja puluhan tahun, ketika menjalankan tugasnya dia masih dengan semangat menunjuk-nunjuk panel-panel kontrol sambil berbicara pada dirinya sendiri, itu semata-mata dilakukan untuk memastikan dia tidak salah dalam melakukan tugasnya. Meski mereka telah sering menjalani rutinitas itu, ketekunan dan ketelitiannya tidak berkurang. Orang Jepang memang sangat cocok untuk jenis pekerjaan yang berupa rutinitas dan membutuhkan ketelitian.

    Hal ini  juga yang berlaku dalam hal mematuhi aturan lalu lintas atau peraturan lainnya. Tidak peduli kondisi di lapangan seperti apa atau apakah ada peluang untuk melanggar, mereka akan tetap mematuhi peraturan. Kalau kalian coba bertanya kepada mereka kenapa mereka selalu taat kepada setiap aturan, maka jawabannya akan sederhana karena itu adalah aturan, titik.

36 Responses to “Orang Jepang itu …”

  1. untuk paragraf terakhir, kata pak eko juga alasan orang jepang taat aturan adalah karena mereka ga ingin terganggu/direpotkan maka juga ga ingin mengganggu/merepotkan orang lain, dan mereka yakin caranya adalah dengan taat aturan.

  2. ….benar-benar mengerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan…

    teringat barang2 elektronik di rumah yg buku manualnya masih kinyis2, sementara alatnya udah di utek2 gak keruan… :D

  3. secara daku japanese minded bgt, tp point 4 dan point 5 yang masih susah saya tiruuu..
    lupa-lupa terus.. nyahahaha

  4. Ga beda sama orang jawa kok :P

  5. orang jepang ontime bgt..he2..

  6. itu semua yg positifnya aja, kan?
    kalo yg negatifnya apa? hihihi… apa sulit dicari ya? :P

  7. Soal disiplin kerja dan mentaati aturan serta waktu, org Jepang emang nomor wahid, deh. Tapi jangan salah jg, Mas. Org Indonesia jg gak kalah ramahnya dgn orang Jpg. Dan kyknya g cm orang Jawa yg pny ‘kromo inggil’, di Sunda dikenal istilah ‘undak usuk basa’. Aturan bhs yg diberlakukan thdp strata usia. Dan sy rasa semua suku apapun di Indonesia memilikinya, beserta keramahan dan adat istiadatnya. Makasih sdh berbagi, Mas. Jd tau byk soal karakter org Jepang. Sukses y, Mas! Salam.

  8. wah, kok bagus2 semua sifatnya so?
    hehehehe
    dua sisi dong dbahasnya :D

    • nah ini baru bener ^^

      saya juga suka orang jepang dan ideologi mereka.
      karena first love saya mirip utada hikaru.hahaha
      ehm, ngawur deh.

      tapi tentunya sisi negatif selalu ada kan ??

      akan lebih menarik kalo mas ngasih tw hal yang agak kurang menyenangkan dari mereka….

      supaya bisa membuat bangsa kita sedikit lebih unggul gitu ..
      hahahah
      (maksa)

      sukses terus mas.

  9. jauhari zailani Says:

    terimakasih gambaran orang jepang, mungkin akan lebih kaya jika dipaparkan juga bagaimana mereka melakukan dalam kehidupan sehari-hari dan praktis. mungkin dengan komparasi jawa dan jepang. salam

  10. tolong kasih tahu sisi negatif dari nihon jin(日本人)

  11. maaf saya kurang setuju. karena saya kerja di lingkungan jepang. lebih banyak jeleknya daripada bagusnya, saya rasa dah bergeser sifatnya.
    1. mereka gak ekspresif (kayak robot gitu)
    2. mereka gak menghargai usaha/proses. this is so clear
    3. ramah dan sopan? mungkin aja, tapi dibelakang kita bisa jauh lebih jahat, bukan saya aja yang ngalamin ya
    TAPI, itu OKNUM ya, tetep ada orang Jepang yang baik. Cuman dah kebanyakan oknumnya.

    • Achmad Maulana Says:

      Maaf mas yang dibahas kan orang Jepang di negara Jepang, biasanya kalo dah keluar dari Jepang dan ga orisinil, tapi cobalah kapan-kapan dateng ke negeri Jepang. Hatori haanzo

  12. Aku juga pingin bisa kaak gitu… pengeeeeeeen… :D

  13. aku pgn ke jepang…
    kapan yaaa…..

  14. nanang wijanarka Says:

    Sangat setuju kalu bangsa kita di disiplin spt jepang. biar negri ini tidak kian terpuruk dan selalu ketinggalan dengan negara lin.dan pertegas pendidikan budi pekerti asli indonesia (jangan import timur tengah / eropa) karena kita punya lebih luhur dari manapun.

  15. Energy Giver Says:

    Kepribadian dan karakter orang Jepang sangat ditentukan oleh sejarah panjang bangsa mereka. Dua kali mengalami dahsyatnya bom atom, sangat sering mengalami bencana alam-dengan tingkat kehancuranyang sangat besar, sampai bencana yg terkini seminggu terakhir ini. Itu semua membentuk mereka menjadi pribadi2 yang ulet, tabah, pekerja keras, tidak suka menonjolkan kebanggaan personal, berintegritas solid. Lihat saja bencana yg terakhir, gk ada tuh penjarahan/pencurian, ato aksi menaikan harga dari dept store. What a good attitude!

  16. jepang memang hebat,bayangkan aja kalo kita tukeran negara,rakyat indonesia kejepang,sementara rakyat jepang ke indonesia,saya yakin dan pasti,negeri kita yang di huni orang jepang akan maju dan kaya seperti negara amerika,sebaliknya rakyat kita yang di jepang,akan kaget dan bingung apa yang harus mereka lakukan.salah2 banyak yang mati karena gempa/stunami.orang jepang menganggap agama adalah budaya,tapi mengapa orang jepang lebih santun,sabar,malu,saling bantu,tabah,gak urakan,kita jadi malu nih…..

  17. tolong kasih tahu,apakah orang jepang punya sifat seperti orang indonesia,kayak:mencuri,membunuh,merampas,menjarah,menipu,korupsi,mencontek,manipulasi,MABUK PASTI,buang bayi,bakar istri/suami,siram air keras,makan mayat,nyuri mayat,suka togel,punya istri banyak,ngritik agama,menang sendiri,sombong,ini gue,ngemis,mintak tolong,BUGIL DIDEPAN KAMERA PASTI,SELINGKUH YA IYALAH,mungkin hal lain dari sifat kita yang bikin bingung……………
    satu hal yang perlu kita belajar dari jepang………

    RASA MALU,TAHU DIRI……………….
    saya yakin sekali tidak ada maklhuk di jepang yang bersifat seperti NURDIN,orang PSSI itu loh,jika sampai ada,pastinya sudah mati harakiri,bukan menyobek perutnya,tapi malah masuk ke penggilingan ato blender supaya tidak bisa dikenali bentuknya.
    tapi inilah indonesia,negara unik dan kaya,KAYA MASALAH……

  18. saya ada darah jepang, dan saya bekerja pada perusahaan jepang cukup lama sekali. Apa di sebutkan segi positivenya tentang orang jepang adalah benar. Tetapi tidak semua orang jepang seperti itu. Umumnya mereka yang sudah senior dan sudah banyak pengalaman mengerti arti respect dan appreciate. Tetapi kaum muda tidak semuanya begitu. Ada beberapa orang jepang yang berlaku tidak pantas dan under estimate terhadap bangsa kita. Dan satu hal, mereka terkadang lupa bahwa bagaimanapun mereka itu bekerja dan tinggal dan berinvestasi di negari orang jadi bagaimanapun tetap harus bisa beradaptasi terhadap orang Indonesia.

  19. kireina Says:

    saya kangen jepank

  20. aq setuuuuuju bgt itu, aq mank suka bgt ma jepang aq da follin in love ma jepang okey lh orang jepang pokokny cinta mammpuus ma jepang

  21. Poppy-chan Says:

    wah,, membantu sekali artikelnya,,
    secara saya edang belajar tentang negara jepang plus,, semua about japan..

  22. orang jepang tak beda dengan orang indoneshia , yang beda hanya semangat tuk maju saja.
    Kalao orang indonesia bisa membuang Budaya malas pada tiap individu ,aku pikir bukan hal mustahil kalau indonesia bisa maju seperti jepang.

  23. sy rasa gk berlebihan,kalau da pndpat yg mengatakan org jepang sopan2 n rmah2.krn sy pernh mengalami sndri.ktika sy brada di slah 1 kmunitas org jpang.sy smpat mrasa iri trhdp mreka.mreka te2p menghrgai org lain.skalipun org tsb bkn brasal dr ras mreka.tp.,bgmana dgn kita (khususnya org indonesia)..?
    Sy sndri sbg wrga indo,mrasa sdkit malu ktika brtmu dgn org asing.coz,gk jrang org2 indo jg sk acuh tak acuh trhdpt org asing.mlah,gk jrang pula mengejek mreka.mentang2 org asing tsb gk tau bhs.indo,lants qta mengejeknya.
    Mana moral qt?
    Bktikan dunk lok qt it bangsa yg beradab..

  24. aku suka bgt dgn coment nya doni. .
    Sependapat dgn pikiranku. .

  25. orang jepang hebat.
    aku pengen tinggal disana (jepang).

  26. Great,,I’ll try…

  27. ahmad rahmadhani Says:

    sifat orang jepang td kyknya masih sulit ditiru oleh org indonesia krn kebanyakan kt memprioritaskan kejantanan drpd ilmu/akhlaq .. Sehingga suka tawuran dsj.he he (sotoy saya)

  28. indonesia event…

    [...]Orang Jepang itu … « [ My Reflection ][...]…

  29. kpan ya bisa ke jepang….., biar bsa berkomunikasi n mempelajari budaya mereka scr langsung…….., hehe…….,

  30. saya bekerja dengan orang jepang baru 7 bulan, yang saya rasakan sekarang adalah bahwa orang jepang itu ( yang ada di indonesia ) :
    Ramah,sopan,menganggap bawahan sebagai teman,teliti( hal sekecil apapun jadi perhatiannya),tidak pernah mengambil keputusan secara sepihak/selalu meminta pendapat orang lain meski itu adalah bawahannya, bertanggung jawab kepada bawahannya,prosedural dan yang pasti benar-benar gila kerja.
    Dalam satu bulan bisa bolak balik jepang indonesia 5-6 kali.

  31. mungkin sebagian besar emang spti itu…tapikan karakter stiap orang kan berbeda2,,,iya kan??? anak kembar ajja gak slalu sama karakternyaaa…hmmm

  32. Nice info sayang saya berinteraksi dengan orang jepang hanya 1 mggu,,,

  33. maaf saya tertarik dengan bunga sakura, tapi saya tidak dapat menemukan buku yang membahas mengenai bunga sakura.
    untuk dimana ya kira-kira mendapatkan buku tersebut..

  34. INDONESIA forever

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: